Sabtu, 28 Maret 2015

Cara Membuat Paspor Online di Yogyakarta

Beberapa waktu lalu saya coba membuat paspor. Memang belum punya sebelumnya, jadi ini adalah pengalaman yang akan saya coba bagikan. Saya mendaftarkan secara online, melalui laman ini http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp

Langkah pertama adalah isi data diri dengan lengkap. Setelah itu siapkan berkas-berkas yang diperlukan, dan lakukan pembayaran melalui bank BNI (kita akan menerima pemberitahuan melalui email), print surat pemberitahuan tersebut lalu bayarkan di BNI.
Saya memilih membuat paspor 48 halaman, bagaimana perbedaan paspor ini dengan paspor 24 halaman bisa dibaca di sini.

Setelah pembayaran beres, kita harus online lagi untuk mengkonfirmasi, dan pilih jadwal kapan kita akan datang ke kantor imigrasi. Jika tinggal di Yogyakarta, kita bisa datang ke kantor imigrasi di JL Adisucipto. Saat datang ke sana sesuai jadwal yang sudah tertera. Saya datang jam 10.00 dengan membawa kelengkapan (ijazah, KK, KTP/SIM, dll) saya sudah tidak mendapat nomor antrian, karena nomor antrian dibedakan untuk yang online dan offline. Dari satpam, saya diberitahu dalam 1 hari dibatasi 40 orang nomor antrian untuk pengurusan via online. Alhasil, keesokan hari saya harus balik lagi.

Cara Membuat Paspor Online di Yogyakarta

Cara Membuat Paspor Online di Yogyakarta
Esok harinya saya datang pukul 06.30 pagi, dan memang sudah terlihat antrian. Usahakan datang pagi-pagi sebelum jam 07.00. Jam 07.00 nomor antrian sudah dibagikan. Saat sudah dapat nomor, kita tinggal menunggu kantor imigrasi buka sekitar jam 08.00 pagi. 

Lalu hal yang harus kita lakukan berikutnya adalah, menunggu antrian nomor kita dipanggil. Saya dapat antrian online ke 7, dan pukul 09.00 kurang sudah dipanggil. Langsung masuk untuk foto, dan diberitahukan lagi jadwal untuk pengambilan paspor kapan. 

Prosesnya cepat, dan nanti sesuai jadwal pengambilan paspor kita, kita hanya perlu datang ke kantor imigrasi lagi dan mengambil paspor kita.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar