Minggu, 12 Juli 2015

Awalnya Pizza Makanan Orang Miskin

Jaman dahulu kala, pizza dikenal sebagai makanan orang miskin di Italia, anggota kerajaan pun dilarang hukumnya untuk makan makanan ini. Bentuknya cuma roti bundar kering dan banyak dijual di pinggir jalan, terutama di kota Naples (Napoli), konon kota ini adalah kota asal pizza. 


Restoran Klasik Pizza

Margherita Pizza

Mencuatnya kabar tentang makanan orang miskin ini, sampai juga ke telinga Ratu Margherita, karena saking penasarannya, saat kunjungan ke beberapa wilayah dan Ratu mampir ke Napoli, timbullah ide unik sang Ratu, dia ingin mencicipi makanan orang miskin dan rendahan ini.

Maka dibuatlah pizza yang spesial untuk sang Ratu, karena tomat sudah dibawa masuk ke Italia, maka pizza yang awalnya cuma roti bundar diolesi dengan saos tomat yang lezat, kemudian untuk menambah kesan istimewa ditambahlah keju mozarella yang berwarna putih dan daun kemangi yang berwarna hijau. Dan, jadilah pizza yang indah, diwakili tiga warna, merah, hijau, dan putih, melambangkan warna bendera Italia dan untuk menghormati Ratu Margherita. Sampai sekarang kita masih mengenal pizza jenis ini, sangat populer, namanya pizza Margherita.

Berawal dari makanan orang kelas pinggiran, sekarang pizza bisa dibilang makanan untuk semua orang, bahkan di Indonesia diidentikkan dengan makanan orang kaya. 

Begitulah perjalanan makanan berbentuk bundar ini. Pizza saat ini bukan makanan kelas rendahan lagi, sekarang gerai-gerai pizza sudah masuk ke mall-mall mewah. Makan di restoran pizza tentu memberikan gengsi tersendiri. Saat ini, hampir sebagian besar masyarakat Indonesia di perkotaan sudah akrab dengan karakter rasa pizza. Gerai pizza waralaba dari luar negeri pun sudah masuk ke pasar Indonesia. Makan pizza, bukan hal yang luar biasa lagi, kita dapat dengan mudah mendapatkannya di mall-mall dan restoran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar